Tata Kelola

Tata Kelola

Fungsi Kepatuhan

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk., (“Perseroan”) merupakan anak usaha dari HeidelbergCement Group. Kami selalu berkomitmen untuk mematuhi seluruh hukum dan peraturan yang berlaku dalam menjalankan setiap aktivitas bisnis. 

Sebagai perusahaan yang aktif secara global, kami juga berkomitmen dalam menerapkan semua nilai penting bagi Perseroan. Komitmen ini diwujudkan dengan penerapan GCG yang komprehensif dan konsisten di seluruh jenjang organisasi, salah satunya dengan mengadopsi standar terbaik yang berlaku di Indonesia dan Internasional, antara lain:

  • Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia
  • Delapan standar perburuhan inti dari Organisasi Perburuhan Internasional (ILO)
  • Pedoman OECD untuk Perusahaan Multinasional
  • Prinsip-Prinsip Panduan PBB untuk Bisnis dan Hak Asasi Manusia ("Perlindungan, Penghormatan, dan Pemulihan"-Kerangka Kerja)

Kami mengharapkan karyawan dan mitra bisnis kami untuk mematuhi pedoman yang ada. Pedoman yang dimiliki oleh Perseroan antara lain:

Kebijakan/Pendoman Isi Grup Sasaran
1. Kebijakan Kepatuhan
(Diperbarui 2021)

Kebijakan ini menguraikan program kepatuhan HeidelbergCement mengenai: 

  • Tanggung jawab (kepatuhan manajemen umum dan khusus)
  • Kepatuhan dalam entitas bersama
  • Konten dan alat
  • Sanksi jika terjadi ketidakpatuhan
Manajemen Tingkat atas

2. Pedoman Perilaku Bisnis
(Diperbarui 2021)

Kode Perilaku Bisnis menetapkan standar etika dan hukum untuk kegiatan bisnis sehari-hari dalam hal

  • Kepatuhan terhadap hukum dan kebijakan internal yang berlaku
  • Hukum antimonopoli
  • Kesehatan dan keselamatan
  • Masalah lingkungan dan keberlanjutan
  • Hak asasi manusia
  • Topik-topik lain mengenai kepatuhan

Penekanan diberikan pada tanggung jawab seluruh karyawan untuk menegakkan standar ini dan fakta bahwa pelanggaran tidak akan ditoleransi.

Seluruh karyawan
3. Pedoman Anti Korupsi
(Diperbarui 2021)

Dokumen ini memberikan panduan dalam situasi yang bisa timbul sebagai risiko korupsi, seperti:

  • Memberi atau menerima hadiah atau keramahtamahan ke atau dari bisnis mitra,
  • Memberi hadiah atau keramahtamahan sehubungan dengan perwakilan pihak berwenang,
  • Konflik kepentingan
  • Kegiatan kemasyarakatan perusahaan,
  • Kerjasama dengan agen dan penasihat
  • Proyek merger dan akusisi

Langkah-langkah mitigasi risiko termasuk:

  • Rotasi personil
  • Integritas dua orang dan pemisahan tugas
  • Dokumentasi yang memadai
  • Informasi dan pelatihan karyawan yang terkena risiko korupsi
  • Seluruh Karyawan dan fokus pada Manajemen
  • Karyawan yang terlibat dalam pengadaan, misalkan karyawan pembelian atau engineer (misalkan dengan penentuan spesifikasi)
  • Karyawan dari departemen spesialis yang menggunakan penyedia layanan eksternal (misalnya pengacara, akuntan, auditor, konsultan, dll.)
  • Pegawai departemen yang bertanggung jawab memperoleh izin pemerintah dari segala jenis dan persetujuan lainnya
  • Karyawan penjualan
  • Karyawan yang terlibat dalam akuisisi perusahaan
  • Karyawan yang terlibat dalam corporate citizenship kegiatan (sponsorship, donasi, dll.) yang dilakukan bersamaan dengan proyek HC CAPEX.
4. Pedoman Hukum Persaingan
(Diperbarui 2021)

Pedoman ini memberikan gambaran atas topik berikut:

  • Tanggung jawab terkait dengan hukum persaingan
  • Pelanggaran hukum persaingan yang relevan dengan bisnis perusahaan dan konsekuensi hukum yang ada
  • Aturan perilaku untuk menghindari pelanggaran hukum persaingan
  • instruksi untuk melakukan investigasi terkait hukum persaingan
  • Melaporkan insiden hukum persaingan
  • Pelaksanaan dan persyaratan minimum untuk pedoman hukum persaingan nasional
  • Langkah-langkah mitigasi, seperti:
    • Dokumentasi yang memadai
    • Penilaian risiko tahunan
    • Informasi dan pelatihan karyawan yang terkena risiko hukum persaingan risiko
  • Aturan kepatuhan terhadap regulasi khusus tentang semen abu-abu atau produk turunan semen yang berlaku untuk untuk negara-negara European Economic Area (EEA)
  • Manajemen tingkat atas
  • Manajer dan petugas penjualan
  • Manajer dan petugas pembelian
  • Manajer dan karyawan yang terlibat dalam pengadaan
  • Proyek merger dan akusisi
  • Semua karyawan lainnya terkena risiko hukum persaingan
5. Pedoman Manajemen Kasus dan Laporan Insisden Kepatuhan
(Diperbarui 2021)

Dokumen ini memberikan panduan tentang:

  • Jenis insiden yang dilaporkan sebagai insiden kepatuhan
  • Berbagai saluran pelaporan
  • Bagaimana insiden kepatuhan harus dilaporkan
  • Bagaimana proses penyidikan diatur (tanggung jawab, waktu, dokumentasi, komunikasi, dll.)
  • Pihak mana yang perlu diinformasikan dalam organisasi jika terdapat kasus insiden kepatuhan yang perlu dilaporkan
  • Mengamankan data jika pelanggaran kepatuhan yang terjadi diduga sangat parah
  • Pihak yang bertanggung jawab untuk langkah-langkah perbaikan dalam kasus perilaku yang terbukti bersalah
  • Prinsip-prinsip investigasi
Seluruh Karyawan
6. Kebijakan Sanksi Perdagangan
(Diperbarui 2020)

Kebijakan ini memuat:

  • Gambaran sanksi perdagangan nasional dan internasional
  • Jenis sanksi perdagangan Uni Eropa dan Amerika Serikat serta ruang lingkup penerapan
  • Rincian tentang tanggung jawab pada Group dan tingkat lokal
  • Manajemen tingkat atas
  • Manajer dan petugas penjualan
  • Manajer dam petugas pembelian 
  • Manajer dan petugas HR
  • Manajer dan karyawan yang terlibat dalam pengadaan dan proyek merger dan akusisi
  • Semua karyawan dibebankan dengan skrining mitra bisnis untuk kepatuhan sanksi perdagangan 
7. Kebijakan Hak Asasi Manusia
(Diperbarui 2020)

Kebijakan ini menentukan:

  • Komitmen HC terhadap daftar dokumen hak asasi manusia yang berbeda 
  • Penerapan hak asasi manusia dalam hubungan kita dengan: 
    • Karyawan, 
    • Pemasok dan pelanggan 
    • Sekitar lokasi (corporate citizenship)
Seluruh Karyawan
8. Kebijakan Anti Pencucian Uang 
(Diperbarui 2020)

Kebijakan khusus HC group:

  • Berkewajiban untuk mencegah pencucian uang
  • Peraturan untuk pembayaran tunai
  • Pendekatan manajemen risiko pencucian uang
  • Bendahara/staf yang terlibat dalam transaksi keuangan
  • Pemohon data master (pembelian, penjualan)
  • Administrasi master data
  • Semua karyawan yang terlibat dalam pemilihan mitra usaha dan transaksi bisnis

FOLLOW US ON