altimage
INTP:IJ Rp. 19.900 altimage 2,05%
17-Nov-2017 17:17
altimage
INTP:IJ Rp. 19900 altimage 2.05%
17-Nov-2017 17:17

CSR Bidang Sosial dan Kemasyarakatan

RUTILAHU
Indocement kembali melaksanakan perbaikan rumahtidak-layak-huni (Rutilahu) sebagai salah satu program CSR Perseroan. Perbaikan ini membuat Rutilahu menjadi rumah yang sehat dengan ventilasi yang baik, lantai rumah bukan lagi tanah, dan kokoh bangunannya. Kondisi rumah yang lebih baik ini akan membuat seluruh penghuni menjadi keluarga yang sehat dan memberikan peluang agar anak-anak dapat belajar di rumah dengan nyaman.

Di tahun 2015, perbaikan Rutilahu dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tanggal 20 Mei 2015 dan tanggal 12 Agustus 2015. Program ini dilaksanakan secara bahu membahu oleh seluruh elemen Direksi dan karyawan bersama masyarakat desa dipimpin oleh masing-masing kepala desa.

Tahap pertama dimulai pada tanggal 20 Mei 2015 di empat lokasi yaitu Desa Bantarjati, Desa Lulut, Desa Nambo dan Desa Leuwikaret, Bogor – Jawa Barat. Program Rutilahu tahap pertama ini meliputi perbaikan 16 rumah yang juga mencakup di delapan desa lainnya, yaitu Desa Tajur, Hambalang, Gunungsari, Pasir Mukti, Tarikolot, Citeureup, Gunung Putri dan Kelurahan Puspanegara.

Tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2015 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Indocement ke-40, yaitu sebanyak enam unit rumah di desa binaan Indocement Pabrik Tarjun. Program yang pertama kalinya di Pabrik Tarjun ini merupakan model program percontohan untuk desa lainnya, karena pekerjaan perbaikan Rutilahu ini murni melibatkan dan dikerjakan oleh masyarakat sekitar dengan pola gotong royong.

Bantuan Sarana Air Bersih Untuk Desa Binaan
Indocement Pabrik Citeureup memberikan bantuan air bersih untuk desa binaan Indocement dikarenakan kekeringan panjang yang melanda Citeureup. 

Bentuk bantuan yang diberikan beragam, yaitu pengiriman air dengan truk tangki berkapasitas 8.000 liter yang dilakukan sebanyak 144 kali di 124 lokasi di desa binaan. 

Pembuatan sumur bor di Desa Citeureup dengan kedalaman 15 meter, dan di Desa Tarikolot dengan kedalaman 30 meter dan 40 meter. 

Indocement juga memberikan bantuan perbaikan dan pembangunan sarana air bersih milik masyarakat desa binaan.

Selain itu, Indocement sedang juga melakukan studi pembangunan sarana air bersih secara permanen (dapat mengeluarkan air pada musim kering maupun penghujan) dengan metode geolistrik di Desa Lulut dan Desa Leuwikaret.

Sekolah Tukang Semen Tiga Roda (SETARA)
Dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 dimana tenaga konstruksi di Indonesia dengan kategori terampil hingga ahli wajib memiliki sertifikasi, Indocement meluncurkan Sekolah Tukang Semen Tiga Roda (SETARA) yang merupakan hasil kerja sama antara Indocement, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-PERA), serta Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) dan beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Keberadaan SETARA diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tenaga konstruksi di Indonesia agar setara dengan tenaga terampil negara lain yang bersertifikasi serta mampu bersaing di masa yang akan datang. SETARA hadir untuk menciptakan tenaga konstruksi yang memiliki nilai lebih, profesional dan berkualitas untuk tercapainya kepuasan pelanggan dalam membangun kehidupan bermutu sesuai moto Indocement, yaitu “Turut Membangun Kehidupan Bermutu”.

Ditargetkan SETARA akan mencetak 10.000 tukang bangunan tersertifikasi sebelum 2020. Peserta SETARA tidak hanya mendapatkan pengetahuan dalam bidang keterampilan konstruksi saja, namun mereka juga diberikan pelatihan mengenai perundang-undangan tentang jasa konstruksi, praktik Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), manajemen konstruksi, perencanaan anggaran biaya dan pengajuan tender, kewirausahaan serta aplikasi produk terkini dalam dunia konstruksi.

Perseroan telah menyelenggarakan tujuh batch SETARA yang diikuti oleh 840 peserta di tahun 2015. dengan realisasi sebagai berikut:
1. Bandung (Batch I dan II)
2. Malang (Batch III)
3. Semarang (Batch IV)
4. Bali (Batch V)
5. Banjarmasin (Batch VI)

42 Tahun Membangun Indonesia KOKOH