altimage
INTP:IJ Rp. 20.050 altimage 0,75%
20-Nov-2017 16:57
altimage
INTP:IJ Rp. 20050 altimage 0.75%
20-Nov-2017 16:57

CSR Bidang Praktik Ketenagakerjaan dan K3

Praktik Ketenagakerjaan
Indocement senantiasa menjalankan praktik ketenagakerjaan selaras dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku yang meliputi hubungan ketenagakerjaan, kondisi kerja dan jaminan sosial, dialog ketenagakerjaan, serta pengembangan sumber daya manusia dan pelatihan yang lebih baik. 

Kesehatan, dan Keselamatan Kerja
Bagi Indocement, karyawan merupakan aset berharga dalam menjamin keberlangsungan usaha. Oleh karena itu, aspek kesehatan dan keselamatan kerja karyawan merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Perseroan menciptakan suasana lingkungan kerja yang aman dan nyaman untuk mendukung atmosfir positif bagi kesehatan dan keselamatan kerja karyawan yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja.

Indocement berupaya menjaga keselamatan kerja karyawan adalah dengan menerapkan Peraturan Keselamatan Jiwa (LSR) yang mencakup:
LSR 1 : Alat pelindung diri standar
LSR 2 : Bekerja di ketinggian
LSR 3 : Memasuki ruang terbatas
LSR 4 : Bekerja di area panas dan pekerjaan panas
LSR 5 : Isolasi energi): LOTOTO (Lock Out, Tag Out, Try
Out)
LSR 6 : Keselamatan berkendara

Dalam rangka mengembangkan budaya kesehatan dan keselamatan yang positif di lingkungan Indocement dan entitas anak, Perseroan:
1. Berkomitmen untuk mematuhi semua peraturan daerah, regional, nasional dan internasional, aturan dan pedoman mengenai kesehatan & keselamatan.
2. Mengelola masalah kesehatan dan keselamatan dengan menggunakan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja yang tepat.
3. Menyusun laporan dan analisis data kesehatan & keselamatan kerja secara teratur.
4. Terus meningkatkan kinerja kesehatan & keselamatan kerja dalam operasi Perseroan melalui penilaian risiko dan program terkait untuk mengupayakan kondisi kerja yang sehat dan aman bagi karyawan.
5. Memberikan bimbingan dan petunjuk tentang penanganan produk Perusahaan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Untuk mencapai tujuan tersebut, sepanjang tahun 2015 Indocement telah melaksanakan berbagai program sosialisasi, pelatihan dan seminar terkait kesehatan dan keselamatan kerja baik di yang diselenggarakan di Kantor Pusat seperti Seminar Gaya Hidup Sehat, Seminar Cara Mengelola Kelelahan, Seminar Keselamatan Berlalu Lintas, dan lain-lain; maupun di Pabrik seperti pelatihan Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat, Sosialisasi Komite Keselamatan Unit, Peraturan Keselamatan Jiwa (LSR) dan Program Keselamatan Perusahaan, Pelatihan Sistem Manajemen Pengamanan, Sosialisasi dan Lokakarya Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3, dan masih banyak lagi. Indocement juga mengadakan program pelatihan untuk kontraktor antara lain Sertifikasi Ahli Keselamtan dan Kesehatan Kerja (K3) Umum Kontraktor Pabrik Palimanan, dan Pelatihan Supir Bulk Truck.

I-Shelter
Indocement-Safety Health Environment Learning Center (I-Shelter) adalah pusat pelatihan Indocement yang memfokuskan pada keselamatan kerja dan lingkungan. Sebagai perusahaan yang menjadi bagian dari cement yang berkelanjutan, Cement Sustainability Initiative (CSI), Indocement selalu memastikan kondisi kerja yang aman dan sehat bagi karyawan dan kontraktornya.

I-Shelter merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan dan memastikan bahwa setiap karyawan dan kontraktor yang bekerja di Indocement memiliki pemahaman yang sama tentang membudayakan keselamatan (Indocement-Safety Culture). Termasuk di dalamnya prinsip, panduan, prosedur keselamatan, kesehatan kerja dan juga lingkungan. Dengan cara seperti ini, mereka dapat mengenali potensi bahaya, risiko dan pengendaliannya. Pada akhirnya dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat dan juga selamat setiap saat.

Kehadiran I-Shelter juga diharapkan mampu membangun budaya dan karakter serta menjadi monumen sosial di bidang keselamatan, kesehatan dan lingkungan yang sejalan dengan motto Indocement, “Hunian yang lebih baik untuk kehidupan yang lebih baik” (Better Shelter For a Better Life).

I-Shelter yang pertama dibangun di Kompleks Pabrik Citeureup dan diresmikan pada Juli 2015. Sedangkan I-Shelter kedua dibangun di Kompleks Pabrik Palimanan dalam rangka menyambut HUT Indocement ke-40 di bulan Agustus 2015.

Statistik K3
Indocement senantiasa berupaya secara berkesinambungan untuk mengedepankan peningkatan pencegahan kecelakaan kerja baik dalam frekuensi maupun kualitas pelaksanaannya dengan sasaran tumbuhnya budaya sadar risiko K3 beserta dampak negatif dari risiko tersebut. Hal ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk membangun dan menumbuhkembangkan tumbuhnya budaya sadar K3 sesuai dengan nilai-nilai perusahaan untuk mendorong pencapaian target zero accident.

Penghargaan yang diterima Indocement pada 2015 untuk Program Ketenagakerjaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja

42 Tahun Membangun Indonesia KOKOH