altimage
INTP:IJ Rp. 16.900 altimage 1,81%
19-Oct-2018 17:11
altimage
INTP:IJ Rp. 16900 altimage 1.81%
19-Oct-2018 17:11

Rapat Umum Pemegang Saham

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) merupakan organ tertinggi dalam struktur GCG Perseroan. RUPS berperan sebagai mekanisme utama untuk melindungi dan melaksanakan hak-hak pemegang saham. Sebagai organ perusahaan, RUPS memegang kekuasaan tertinggi dalam Perseroan, serta memiliki segala kewenangan yang tidak didelegasikan kepada Dewan Komisaris dan Direksi.

RUPS merupakan wadah bagi pemegang saham untuk mengambil keputusan penting bagi Perseroan dengan memperhatikan ketentuan anggaran dasar dan peraturan perundang-undangan. Pengambilan keputusan dalam RUPS harus dilakukan secara wajar dan transparan dan didasarkan pada kepentingan usaha Perseroan dalam jangka panjang.

Wewenang RUPS

  1. Mengangkat dan memberhentikan anggota Dewan Komisaris dan Direksi;
  2. Mengevaluasi kinerja Dewan Komisaris dan Direksi;
  3. Mengesahkan perubahan Anggaran Dasar Perseroan;
  4. Memberikan persetujuan atas laporan tahunan dan mengesahkan laporan keuangan;
  5. Menetapkan alokasi penggunaan laba Perseroan;
  6. Menyetujui transaksi afiliasi dan benturan kepentingan yang dilakukan Perseroan;
  7. Menunjuk akuntan publik; serta
  8. Menetapkan jumlah dan jenis kompensasi bagi Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan.

Berdasarkan anggaran dasar Perseroan, terdapat dua jenis RUPS, yakni Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang diselenggarakan setiap tahun paling lambat enam bulan setelah berakhirnya tahun keuangan terakhir, serta RUPS Luar Biasa yang dapat diselenggarakan kapan saja jika dipandang perlu.

Tata Cara Penyelenggaraan RUPS

Perseroan menyelenggarakan RUPS dengan melaksanakan tata cara penyelenggaraan berdasarkan UUPT, Peraturan OJK, peraturan bursa, dan peraturan terkait lainnya.

Pelaksanaan RUPS Tahun 2017

Pada 2017 Perseroan menyelenggarakan RUPS sebanyak satu kali, yaitu RUPS Tahunan yang dilenggarakan pada Senin, 22 Mei 2017 pukul 14.20 hingga 15.45 Waktu Indonesia Bagian Barat yang bertempat di Ruang Melati, Wisma Indocement Lantai Dasar, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 70-71, Jakarta 12910.

43 Tahun Membangun Indonesia KOKOH