altimage
INTP:IJ Rp. 20.050 altimage 0,75%
20-Nov-2017 16:57
altimage
INTP:IJ Rp. 20050 altimage 0.75%
20-Nov-2017 16:57

Komite Keselamatan

Tugas Pokok

Komite Keselamatan dibentuk sebagai perwujudan komitmen Perseroan dalam manajemen keselamatan kerja dengan tujuan utama untuk mendukung pelaksanaan kesehatan dan keselamatan kerja dalam semua kegiatan Perseroan.

Acuan Hukum

(1) Sebelum Komite Keselamatan dibentuk, terdapat Satuan Komite Kesehatan dan Keselamatan Kerja (P2K3) di semua pabrik.  Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. Per. 04/Men/1987 mengamanatkan pembentukan P2K3. Para anggota P2K3 adalah perwakilan dari Perseroan (tingkat manajemen), perwakilan serikat buruh, dan perwakilan dari Safety, Security & Community Development Division Perseroan.
(2) Kepatuhan, penerapan dan keefektifan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) sesuai Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2012 tentang Pedoman Penerapan SMK3 dan OHSAS 18001:2007.
(3) Pedoman Kesehatan dan Keselamatan Kerja HeidelbergCement Group mensyaratkan adanya dewan penasihat untuk mendukung pelaksanaan kesehatan dan keselamatan kerja dalam semua kegiatan Perseroan. Dewan penasehat juga berada pada tingkat Perseroan, tidak hanya di tingkat pabrik. Komite Kesehatan dan Keselamatan Kerja bekerja sama dengan konsultan DuPont untuk melakukan penilaian terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Indocement. Salah satu rekomendasinya adalah pembentukan Komite Keselamatan.

Tugas dan Tanggung Jawab Komite Keselamatan

(1) Menyiapkan arah dan merumuskan strategi yang efektif dan rencana aksi yang bisa diterapkan di antara manajemen lini.
(2) Menyiapkan sistem harmonisasi keselamatan, serta tujuan dan target yang selaras, untuk mengawasi  organisasi dengan 6.953 karyawan, 33 divisi fungsional, dan 3 lini bisnis utama.
(3) Membantu membangun semangat dan budaya yang seragam dalam meningkatkan kinerja keselamatan, sejalan dengan tujuan keselamatan kelompok.
(4) Memberikan dukungan yang diperlukan untuk manajemen lini untuk memastikan terlaksananya program peningkatan keselamatan perseroan secara meluas.
(5) Melakukan pengawasan dalam rangka kinerja keselamatan secara menyeluruh dan menentukan tingkat pentingnya bagi perbaikan.

Keanggotaan Komite Keselamatan

Komite Keselamatan dipimpin oleh Direktur Utama dan dibantu oleh seorang pejabat senior Kesehatan dan Keselamatan Kerja sebagai sekretaris.

Susunan anggota Komite Keselamatan per 31 Desember 2016 adalah sebagai berikut:

Masa Jabatan Anggota Komite Keselamatan

Melekat pada jabatan jajaran Direksi tanpa pembatasan masa jabatan.

Rapat Komite Keselamatan

Mata Acara Rapat Komite Keselamatan dalam 2016 adalah sebagai berikut:

Laporan Pelaksanaan Program Kerja Komite Keselamatan Tahun 2016

Dalam 2016, Komite Keselamatan Indocement telah melaksanakan program kerja sebagai berikut:
1. Pembukaan acara Bulan K3 Indocement 2016;
2. Peluncuran dan sosialisasi mendalam Life Saving Rules;
3. Observasi dan inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja di Citeureup, Palimanan dan Tarjun;
4. Observasi tempat kejadian kecelakan kerja di weighting feeder Belt Conveyor, Raw Mill Storage Plant 3-4;
5. Peresmian I-SHELTER Kompleks Pabrik Tarjun;
6. Pertemuan Contractor Safety Management System (CSMS) untuk seluruh pimpinan kontraktor di semua unit operasi.

 

42 Tahun Membangun Indonesia KOKOH