altimage
INTP:IJ Rp. 19.675 altimage -2,60%
14-Nov-2019 16:55
altimage
INTP:IJ Rp. 19675 altimage -2.60%
14-Nov-2019 16:55

Struktur dan Mekanisme Tata Kelola Perusahaan

Berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UUPT”), organ Perseroan terdiri dari Rapat Umum Pemegang Saham (“RUPS”), Dewan Komisaris dan Direksi. Dewan Komisaris dan Direksi memiliki wewenang dan tanggung jawab yang jelas sesuai fungsinya masing-masing sebagaimana diamanahkan dalam peraturan perundang-undangan. Namun demikian, keduanya mempunyai tanggung jawab untuk memelihara kesinambungan usaha Perseroan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, Dewan Komisaris dan Direksi harus memiliki kesamaan persepsi terhadap visi, misi, dan nilai-nilai Perseroan.

Sejalan dengan ketentuan UUPT, maka struktur GCG Perseroan terdiri dari Rapat Umum Pemegang Saham (“RUPS”), Dewan Komisaris dan Direksi. Pelaksanaan GCG dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga prinsip-prinsip GCG menjadi acuan dalam kegiatan sehari-hari Perseroan.

Perseroan juga telah membentuk organ-organ pendukung GCG di bawah Komisaris, yaitu Komite Audit dan Komite Nominasi dan Remunerasi, sedangkan organ pendukung di bawah Direksi terdiri dari Sekretaris Perusahaan, Internal Audit dan Komite Keselamatan.

Dalam pelaksanaannya, masing-masing organ Perseroan tersebut menjalankan tugas, fungsi dan tanggung jawabnya secara independen untuk kepentingan Perseroan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, anggaran dasar Perseroan, dan ketentuan lain yang berlaku.

Struktur Tata Kelola Perseroan dapat digambarkan sebagai berikut:

 

 

Mekanisme Tata Kelola Perusahaan

Agar penerapan prinsip GCG dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan, Perseroan telah merumuskan prinsip-prinsip korporasi yang sehat dan etika bisnis yang berlaku umum atau sering disebut sebagai “soft structure GCG”. Dari waktu ke waktu, soft structure GCG tersebut diperbaharui sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sampai dengan akhir 2018, soft structure GCG yang dimiliki Perseroan antara lain sebagai berikut:

Soft structure GCG tersebut menjadi bagian dari mekanisme GCG yang dikembangkan Perseroan dalam Kerangka Kerja GCG sebagai berikut:

 

 

44 Tahun Bergerak Berkarya Bersama